Article posted at:
Agustus 15, 2019

9 Usaha Sampingan dengan Modal Kecil yang Menjanjikan


Meskipun kamu telah memiliki penghasilan tetap dari pekerjaanmu sekarang, tak ada salahnya untuk mencari peluang lainnya agar dapat menghasilkan penghasilan tambahan untukmu. Untuk kamu yang ingin memulai usaha sampingan namun takut untuk memulainya karena baru memiliki modal kecil tidak perlu khawatir. Berikut ini ada 9 usaha sampingan dengan modal...

Meskipun kamu telah memiliki penghasilan tetap dari pekerjaanmu sekarang, tak ada salahnya untuk mencari peluang lainnya agar dapat menghasilkan penghasilan tambahan untukmu. Untuk kamu yang ingin memulai usaha sampingan namun takut untuk memulainya karena baru memiliki modal kecil tidak perlu khawatir. Berikut ini ada 9 usaha sampingan dengan modal kecil yang menjanjikan dan layak untuk kamu pertimbangkan.

 

  1. Menjual Pulsa Elektrik

Saat ini hampir semua kalangan masyarakat di Indonesia memiliki telepon genggam atau handphone (HP). Fenomena ini dapat dijadikan sebagai sebuah peluang usaha. Usaha jual pulsa elektrik ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memulai usaha sampingan dengan modal kecil. Dengan modal sekitar Rp1 Juta kamu bisa memulai usaha yang memberikan jaminan keuntungan ini. Selain mudah, waktunya pun fleksibel sehingga tidak menyita banyak waktumu dan kamu dapat melakukan pekerjaan lainnya.

Caranya mudah, kamu hanya perlu mendaftar ke pulsa elektrik online, kemudian lakukan deposit dari modal. Setelah itu kamu bisa menentukan berapa harga jual dari pulsa elektrik yang kamu jual, pastikan harganya memberikan keuntungan yang cukup untukmu ya. Jangan terlalu murah ataupun terlalu mahal, namun harganya bersaing dengan pasar.

Jika usaha pulsa elektrikmu telah berkembang menjadi usaha dengan skala yang besar, kamu bisa mendapatkan omzet hingga Rp20 triliun pertahunnya. Angka ini didapatkan berdasarkan data pebisnis pulsa berskala besar di Jakarta. Pulsa elektrik juga memiliki pasar yang sangat luas karena hampir semua kalangan pasti membutuhkannya.

 

  1. Menjual Foto di Internet

Jika kamu memiliki bakat di bidang fotografi namun merasa tidak memiliki cukup modal untuk membeli kamera profesional, mungkin usaha sampingan yang satu ini dapat menjadi peluang yang cocok untuk kamu. Menjual foto di internet hanya membutuhkan modal kecil, bahkan bisa dibilang ini merupakan bisnis tanpa modal. Untuk usaha sampingan ini kamu bisa menggunakan smartphone milik kamu untuk mengambil foto dan foto tersebut dapat dijual secara online.

Caranya kamu hanya perlu mendaftarkan diri di website penjualan foto seperti shutterstock.com, lalu upload foto milik kamu dan apabila ada yang berminat untuk membeli foto milik kamu maka kamu akan mendapatkan komisi. Pastikan foto yang kamu buat memiliki kualitas yang baik dan memiliki arti tertentu sehingga pengunjung website tersebut tertarik untuk melihat foto tersebut.

 

  1. Membuka Jasa Desain Grafis

Untuk kamu yang merasa memiliki bakat dalam membuat desain grafis, jangan sia-siakan bakatmu itu ya! Kamu bisa memanfaatkan bakat tersebut sebagai peluang usaha sampingan yang menguntungkan meskipun tanpa modal. Untuk memulai usaha yang satu ini, kamu bisa mencari klien melalui website desain seperti sribu.com, upwork.com, 99designs.com. Melalui website tersebut, terdapat peluang pekerjaan membuat logo perusahaan, poster, desain kartu nama, atau produk lainnya untuk kamu. Modal yang kamu butuhkan hanya keterampilan dalam desain, komputer, dan koneksi internet. Kamu pun hanya perlu mengerjakannya di rumah.

 

  1. Menjadi Social Media Influencer

Mungkin istilah Social Media Influencer sudah tidak asing lagi saat ini, terutama bagi kamu yang gemar bermain media sosial. Saat ini terdapat banyak Social Media Influencer yang mengisi akun media sosialnya dengan konten-konten menarik di media sosialnya, baik itu berupa foto maupun video. Tidak hanya mereka, kamu pun bisa melakukannya karena usaha sampingan yang satu ini termasuk dalam bisnis modal kecil.

Hal terpenting yang kamu butuhkan dalam menjalankan usaha yang satu ini adalah followers, jika belum memilikinya maka kamu harus telebih dahulu mengembangkan followers yang kamu miliki. Tentukan konten apa yang ingin kamu kembangkan, mungkin bisa dalam bidang travelling, kecantikan, atau kuliner. Setiap bidang memiliki peminatnya masing-masing, kamu harus aktif dalam membuat konten agar followers akunmu terus bertambah. Pastikan konten yang kamu buat informatif dan berkualitas ya! Setelah kamu memiliki banyak followers, kamu bisa mengajukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan konten yang kamu buat. Kamu dapat mengajukan perusahaan-perusahaan ini kerjasama dan membantu memasarkan produk yang mereka miliki dengan cara merekomendasikannya kepada followers akunmu.

 

  1. Membuka Jasa Penerjemah

Apabila kamu merasa memiliki kelebihan dalam Bahasa Asing, usaha sampingan yang satu ini sangat cocok untuk kamu. Bisnis tanpa modal yang satu ini dapat kamu lakukan dengan cara menerjemahkan dokumen-dokumen seperti makalah, artikel, skripsi, novel, ataupun film.

Komisi yang bisa kamu dapatkan dari peluang usaha yang satu ini biasanya sekitar Rp50/kata. Jadi apabila untuk 1 halaman yang berisi 2.000 kata, kamu bisa mendapatkan komisi sekitar Rp100 Ribu. Bayangkan jika dalam sehari kamu bisa membuat 5 halaman, maka kamu bisa mendapatkan Rp500 Ribu dalam sehari. Kamu bisa mencari usaha sampingan ini di sribulancer.com atau freelancer.co.id. Usaha yang satu ini hanya membutuhkan komputer, internet, dan bakatmu dalam menguasai bahasa asing.

 

  1. Menjadi Social Media Manager

Usaha sampingan yang satu ini mungkin masih terdengar asing. Namun bisnis tanpa modal yang satu ini layak untuk kamu pertimbangkan. Ide usaha ini hanya membutuhkan kemampuan data analisis dan waktu untuk mengatur sosial media. Tugas yang perlu kamu lakukan dalam usaha sampingan ini adalah membuat postingan dan memperhatikan caption yang dibuat sudah sesuai atau belum, hal ini juga ikut menentukan jumlah likes dan followers akun media sosial yang kamu kelola. Selain itu, kamu juga bertugas untuk menganalisis waktu yang tepat untuk mengunggah postingan. Perusahaan kecil dan Social Media Influencer umumnya membutuhkan jasa dari usaha sampingan yang satu ini, penghasilannya akan diperoleh langsung dari perusahaan atau Social Media Influencer tersebut. Pastikan kamu dapat menganalisis dengan baik ya!

 

  1. Membuat Blog

Ide usaha yang satu ini termasuk ide usaha yang paling tidak membutuhkan modal namun memiliki peluang yang besar. Untuk usaha sampingan yang satu ini kamu harus pintar dalam mengelola waktu. Untuk memulainya, kamu dapat menggunakan platform seperti blogspot.com lalu kamu dapat mulai mengisi blog milikmu dengan konten-konten yang informatif, seperti review sesuatu atau mungkin pengalaman yang pernah kamu alami.

Saat baru memulai untuk menulis blog mungkin kamu akan kesulitan untuk mendapatkan pengunjung, mulailah dengan mengajak orang-orang terdekatmu. Setelah pengunjung blog milikmu meningkat, kamu dapat memasang iklan dan mendapatkan penghasilan dari setiap klik terhadap iklan tersebut.

 

  1. Menjual Produk di Marketplace

Menjual produk di Marketplace memiliki peluang lebih tinggi untuk menemukan pelanggan. Hal ini disebabkan karena setiap yang mengunjungi Marketplace pasti membutuhkan sesuatu ketika mengunjungi Marketplace tersebut. Kamu bisa menjual produk milikmu di beberapa Marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Blibli.com, Kaskus FJB dengan cepat dan mudah.

 

  1. Menjadi Reseller

Untuk kamu yang ingin memulai usaha sampingan yang sudah terjamin keuntungannya, kamu bisa memulai dengan usaha reseller. Pastikan produk yang ingin kamu jual sudah memiliki nama dan pasar yang jelas, sehingga mudah bagi kamu untuk memasarkannya. Usaha sampingan yang satu ini cocok untuk kamu yang senang berinteraksi dengan orang lain dan memiliki jaringan yang luas.

 

Itu tadi beberapa peluang usaha sampingan dengan modal kecil yang layak untuk kamu pertimbangkan. Jadi usaha sampingan mana yang kamu pilih?