Article posted at:
September 5, 2019

Bisnis UMKM yang Menjanjikan, Ini 5 Daftarnya!


Keberadaan bisnis UMKM di Indonesia menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional. Bahkan bisnis ini mampu menyumbang sekitar 60% PDB nasional serta menciptakan lapangan kerja baru. Selain itu dari tahun ke tahun peminatnya juga semakin bertambah karena modalnya yang minim. Bila kamu ingin terjun ke bisnis UMKM ini berikut...

Keberadaan bisnis UMKM di Indonesia menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional. Bahkan bisnis ini mampu menyumbang sekitar 60% PDB nasional serta menciptakan lapangan kerja baru. Selain itu dari tahun ke tahun peminatnya juga semakin bertambah karena modalnya yang minim. Bila kamu ingin terjun ke bisnis UMKM ini berikut ada beberapa rekomendasinya yang bisa jadi bahan pertimbangan.

 

Bisnis kuliner

Sampai saat ini bisa dibilang bisnis UMKM di bidang kuliner masih tetap eksis dan tidak ada matinya. Faktornya tidak lain adalah dari ke hari konsumen tidak pernah sepi mengingat makan sendiri merupakan kebutuhan dasar bagi manusia. Kemudian modal yang dikeluarkan tidaklah terlalu besar. Bila ingin memiliki bisnis kuliner ini kamu bisa memulainya dengan bergabung dengan mereka yang telah sukses menekuni bisnis ini sebelumnya. Kemudian bisa mendalaminya sendiri.

Sukses atau tidaknya bisnis UMKM kuliner tergantung dari bagaimana strategi kamu menjalankannya. Semisalnya saja mulai dari pemilihan lokasi berjualan hingga produk yang ditawarkan. Semakin menarik produk dan rasanya maka besar kemungkinan produk kuliner tersebut digemari dan diminati banyak orang.

Bisnis di bidang fashion

Selain makanan, bisnis UMKM di bidang fashion kini juga mulai bergeliat. Sama halnya dengan makanan, fashion juga seolah menjadi konsumsi primer bagi masyarakat. Terlebih lagi kini tren mode terus berkembang dan imbasnya daya jual maupun daya beli masyarakat cukup tinggi. Kamu bisa memilih produk fashion yang kamu jual sesuai pangsa pasar dan segmentasinya, misalnya untuk baju pria, wanita atau anak-anak.

Saat ini produk fashion yang paling banyak dicari oleh masyarakat adalah seperti busana muslim, dan baju-baju model Korea semisalnya. Namun, ada pula yang segmentasinya untuk anak muda. Contohnya saja bila kamu menjual kaos band dalam sebuah konser atau festival musik, tentu keuntungan akan berlipat ganda disamping berjualan secara online. Jika masih dalam tahap percobaan, sebaiknya bisa menjadi seorang reseller atau dropshipper terlebih dahulu.

Bisnis di bidang pertanian

Bila dahulu bidang pertanian dianggap sebelah mata, sepertinya anggapan tersebut sudah tidak berlaku lagi di masa sekarang. Bidang pertanian juga kembali dilirik bagi sebagian bisnis UMKM tanah air. Kita bisa mengambil contoh kisah bisnis kecil produk pertanian yang dikembangkan oleh Bob Sadino. Kini, bisnis tersebut masih berjalan dan kian menjadi besar dan sosoknya menjadi salah satu pelopor bisnis produk pertanian tanah air.

Jika kamu tinggal di daerah yang bertanah subur, jelas ini menjadi keuntungan tersendiri. Kamu bisa menjual produk-produk seperti sayur dan buah segar serta bahan pangan lainnya. Selain sayur dan buah, kamu bisa menjual produk-produk peternakan yang dikemas secara menarik. Contohnya telur, susu, daging dan produk olahan dari bahan tersebut.

Bidang pendidikan

Memang, pendidikan menjadi hal paling penting bagi kehidupan seseorang di masyarakat. Namun, untuk dapat masuk ke sekolah maupun universitas idaman, tentu membutuhkan usaha ekstra. Termasuk mendaftarkan diri ke lembaga bimbel. Ini dikarenakan ilmu yang terserap oleh anak di sekolah terkadang tidak terlalu meresap ke dalam otak karena faktor metode pembelajaran.

Oleh karena itu, banyak lembaga bimbel dan les privat yang bermunculan. Hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis umkm untuk kamu. Modalnya pun tidaklah besar, kamu hanya membutuhkan modal kemampuan mengajar dan mendalami sebuah bidang pelajaran tertentu.

Bisnis produk-produk kerajinan

Selain produk-produk bisnis UMKM produk kerajinan juga memiliki potensi di masa mendatang. Contohnya saja untuk kerajinan tangan untuk ornamen rumah, hingga aksesoris fashion, seperti gelang dan sebagainya. Bila kamu bepergian ke tempat wisata seperti di Bali, akan ada banyak penjual produk kerajinan di tempat tersebut. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis baru selain memberikan pemasukan bagi masyarakat. Produk kerajinan memiiki andil besar pada tahun 2018 lalu. Pada tahun tersebut produk kerjinan ini menyumbang 4.6 persen per tahun dan menambah PDB hingga 9.82 persen.

Bagaimana, tertarik untuk menjalankan bisnis UMKM di sebagai penambah penghasilan pasif kamu?