Article posted at:
Mei 27, 2019

Cari Modal Usaha, Ini Cara Jitunya!


Bisnis bisa berjalan lebih lancar dengan adanya bantuan modal usaha. Bagaimana cara mendapatkannya?

Untuk memulai usaha, kamu membutuhkan modal usaha. Modal yang mencukupi memberikanmu peluang untuk membuka dan menjalankan bisnis yang selama ini kamu rencanakan. Namun, apa jadinya bila kamu belum mempunyai modal usaha yang cukup? Mungkin kamu membutuhkan bantuan modal usaha. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba!

 

Sumber umum untuk modal bisnis

Tidak ada satu cara terbaik untuk mendapatkan modal bisnis. Namun, ada beberapa jenis opsi pembiayaan bisnis yang tersedia. Salah satu cara mendapatkannya adalah dengan mendekati bank untuk mendapatkan pinjaman modal awal. Meskipun ini adalah metode umum untuk mendanai bisnis baru, investor juga merupakan cara yang baik untuk memulai bisnis. Apalagi, ada banyak pebisnis yang saat ini mencari bisnis untuk tempat investasi.

Sisi positif dari mendapatkan investor swasta adalah mereka berbagi risiko keuangan denganmu. Memiliki saham dalam bisnis memberi investor motivasi untuk memastikan kamu memiliki semua yang kamu butuhkan untuk membuat bisnis sukses.

Kemungkinan modal usaha lain adalah pinjaman forgivable. Jenis pinjaman ini dibuat dengan pengertian bahwa jika peminjam memenuhi persyaratan tertentu, pembayaran kembali pinjaman tidak akan diperlukan. Pinjaman forgivable  sebenarnya adalah hibah; tetapi, dengan syarat misalnya kamu diharuskan untuk merekrut dan melatih karyawan.

 

Teman dan keluarga

Cara selanjutnya adalah dari teman dan keluarga. Cara mendapat bantuan ini sangat populer dan efektif untuk mengumpulkan modal awal untuk bisnis. Mereka yang paling dekat denganmu lebih mungkin daripada siapa pun untuk percaya, tidak hanya pada visi yang kamu punya, namun juga kemampuanmu untuk membuat visi tersebut terwujud.

Sisi negatif cara mendapat bantuan modal usaha ini tentu saja adalah bahwa kamu berpotensi mempertaruhkan hubungan pribadi jika bisnis gagal dan perjanjian yang kamu buat tidak terstruktur dengan baik. Sebagai solusi, kamu bisa menata jenis pendanaan ini sebagai pinjaman berbunga tinggi selama satu tahun. Kamu hanya perlu meminjam sebesar yang kamu butuhkan untuk meluncurkan bisnis ke dalam operasi, membangun situs web, atau mengembangkan beberapa materi pitch tambahan jika kamu ingin mengejar banyak keuntungan.

 

Pinjaman dari pemerintah

Selama ini Kredit Usaha Rakyat (KUR) memang sudah disediakan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat yang hendak memulai usaha. Namun, faktanya keberadaan KUR masih belum cukup maksimal sebagai bantuan modal usaha untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia untuk memulai usahanya. Masalahnya, banyak pelaku usaha yang mangajukan KUR tidak lolos.

Nah, sebagai solusi, pemerintah akhirnya mengeluarkan pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yang sudah bisa diakses oleh para pelaku usaha mikro yang membutuhkan modal usaha sejak tahun 2017 lalu. Bantuan modal usaha ini disediakan pemerintah sebagai alternatif bagi pelaku usaha mikro dalam memperoleh pinjaman modal bisnis dan bertujuan untuk menciptakan sejumlah pengusaha baru di Indonesia.

Dengan program pinjaman modal bisnis ini, semua pelaku usaha yang dinyatakan bank tidak layak menerima pinjaman atau tidak punya agunan, dapat memperoleh pinjaman dari program UMi dengan maksimal pinjaman Rp10 juta. Untuk besaran bunganya, UMi menerapkan flat 0,95% per bulan, dengan tenor bisa mencapai 48 bulan. Jika debitur bisa menyelesaikan pembayaran cicilan hingga lunas, berhak memperoleh pinjaman KUR Mikro senilai Rp25 juta hingga KUR Ritel senilai Rp500 juta.

 

Buat kamu yang lagi cari modal usaha, beberapa alternatif cara mendapat bantuan modal usaha di atas bisa kamu pertimbangkan. Pilihlah bantuan modal usaha yang paling cocok untukmu, ya. Semoga bermanfaat!