Article posted at:
September 4, 2019

Cek Saldo Jamsostek Mudah, Coba 4 Cara Ini!


Hingga saat ini masih ada saja masyarakat yang merasa bingung mengenai perbedaan Jamsostek dan BPJS Ketenagakerjaan. Sebenarnya, keduanya sama saja hanya saja berganti nama sesuai dengan Undang-Undang No.24 Tahun 2011 tentang BPJS. Bila sebelumnya Anda sudah terdaftar dalam Jamsostek, maka secara otomatis akan terdaftar pula di BPJS Ketenagakerjaan. Kini,...

Hingga saat ini masih ada saja masyarakat yang merasa bingung mengenai perbedaan Jamsostek dan BPJS Ketenagakerjaan. Sebenarnya, keduanya sama saja hanya saja berganti nama sesuai dengan Undang-Undang No.24 Tahun 2011 tentang BPJS. Bila sebelumnya Anda sudah terdaftar dalam Jamsostek, maka secara otomatis akan terdaftar pula di BPJS Ketenagakerjaan. Kini, BPJS Ketenagakerjaan ini memiliki kemudahan. Termasuk dalam mengecek saldo yang Anda miliki. Berikut cara cek saldo Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda lakukan.

 

Cek saldo Jamsostek di website

Cara cek saldo Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan ialah dengan melihat pada website atau laman resminya secara langsung. Adanya laman website ini untuk memberikan kemudahan kepada Anda di manapun dan kapanpun dengan cepat dan nyaman. Tahapannya sebenarnya cukup mudah Anda cukup ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

  • Catat nomor Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang tertera pada kartu.
  • Kemudian, lanjutkan dengan masuk ke situs resminya di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id dan teruskan dengan klik tombol login. Masukkan ID dan password bila terus terdaftar. Setelah itu bisa klik sign up. Jangan lupa untuk mengisi formulir yang sudah ada.
  • Jika sudah berhasil login Anda bisa klik tombol ‘Lihat Saldo JHT’ dan dilanjutkan dengan memilih ‘KPJ BPJS Ketenagakerjaan’ dan klik submit
  • Saldo outstanding BPJS akan muncul pada layar. Tidak hanya itu saja, Anda pun bisa melakukan e-claim atau klaim BPJS ini secara online.

 

Cek saldo Jamsostek di SMS

Bagi Anda yang tidak memiliki akses internet pun tidak perlu khawatir. Sebab, cara cek saldo Jamsostek kini bisa dilakukan menggunakan SMS. Bahkan disebut-sebut cara cek saldo ini sebagai yang paling mudah. Hanya dengan memasukkan formatnya saja dan Anda dapat mengetahuinya secara langsung. Formatnya adalah SALDO(spasi)NO_PESERTA kirim ke 2757.  Tunggulah hingga mendapat nomor ID dan balas dengan format SALDO # Nomor ID ke nomor yang sama tadi.

Namun, untuk pengguna Telkomsel, XL maupun Indosat bisa melakukan pengecekan dengan format DAFTAR dan kirim ke 2757. Setelah menerima SMS balas dengan format  SALDO (spasi) Nomor KPJ. Setelah saldo akan muncul dan berisi mengenai kapan tanggal terakhir iuran dan berapa saldonya. Untuk tarif SMS ini adalah Rp 165/SMS.

Cek saldo Jamsostek di ATM

Jika Anda mencoba cara cek saldo Jamsostek menggunakan ATM memang sedikit berbeda dari dua cara sebelumnya. Pengecekan via ATM hanya bisa dilakukan bila Anda menggunakan ATM BNI. Anda bisa melakukan pengecekan di ATM BNI manapun. Akan tetapi perlu diingat, cek saldo lewat ATM ini hanya untuk pengecekan saja dan tidak dapat melakukan pencairan lewat ATM tersebut.

Cek saldo Jamsostek di aplikasi

Selain melalui websitenya secara langsung, Anda pun bisa melakukan cara cek saldo Jamsostek dengan melalui aplikasi di smartphone. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play maupun AppStore dengan nama BPJSTK Mobils secara gratis. Tahapan-tahapan bila menggunakan aplikasi ini adalah:

  • Bila sudah memiliki akun BPJS Ketenagakerjaan, Anda langsung klik login. Atau dengan menggunakan akun Google yang Anda miliki.
  • Bila ingin membuat akun, klik menu akun baru. Lanjutkan dengan mengisi formulir registrasi. Anda pun bisa menggunakan akun tersebut untuk login jika sudah benar.
  • Kemudian, bisa dilanjutkan dengan memilih menu cek saldo JHT  dan sejumlah saldo akan muncul di layar Anda. Selain melihat saldo, layanan ini juga bisa melakukan klaim seperti e-claim.

 

Sangat mudah bukan? Anda bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda baik melalui aplikasi, ATM maupun SMS. Selamat mencoba!