Article posted at:
Agustus 9, 2019

Gaji UMR Tetap Bisa Qurban Iduladha dengan Cara Ini!


Berkurban dalam agama Islam diwajibkan bagi orang-orang yang mampu. Baik mampu secara finansial maupun dari segi rohani. Namun, bila kamu memiliki penghasilan UMR bukan berarti kamu tidak bisa berkurban pada iduladha 2019 kali ini. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar dapat berkurban tanpa mengganggu finansial kamu....

Berkurban dalam agama Islam diwajibkan bagi orang-orang yang mampu. Baik mampu secara finansial maupun dari segi rohani. Namun, bila kamu memiliki penghasilan UMR bukan berarti kamu tidak bisa berkurban pada iduladha 2019 kali ini. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar dapat berkurban tanpa mengganggu finansial kamu. Bagaimana caranya? Ada baiknya simak ulasannya di bawah ini.

Perhitungkan targetnya

Ketika kamu meniatkan diri untuk berkurban di iduladha 2019 ini pastikan dulu targetnya tidak mengganggu finansial sehari-hari. Pertama kamu bisa evaluasi cash flow bulanan terlebih dahulu. Semisalnya saja jika kamu ingin berkurban satu ekor sapi, cari tahu dulu berapa kisaran harga sapi terbaik untuk berkurban.

Buatlah target selama beberapa bulan ke depan dimulai dengan target harian. Contohnya menyisihkan Rp 5 ribu per harinya. Lakukan terus hingga jumlahnya mencukupi untuk membeli satu ekor sapi tersebut. Namun, bila dirasa masih kurang maka tidak ada salahnya bila berkurban hewan lainnya seperti satu ekor kambing.

Menabung pribadi

Setelah memperhitungkan target dari harga hewan kurban, langkah selanjutnya adalah bisa dengan menabung pribadi. Dalam menentukan tabungan kurban, kamu bisa menentukan berapa cicilan yang perlu didisihkan setiap bulannya. Kamu memperkirakan harga hewan ternak di tahun depan dan membaginya per bulan dalam setahun menjadi 10-11 bulan semisalnya.

Contohnya, jika ingin berkurban satu ekor kambing dengan harga sekitar Rp 3 juta, prediksi kenaikannya adalah sekitar 15% di tahun berikutnya. Jadi, harga kambing di tahun tersebut adalah Rp 3.450.000. Kemudian bagilah harga tersebut menjadi 10 bulan, lalu dari situlah kamu bisa menentukan berapa tabungan pribadi per bulan untuk berkurban jadi Rp 345 ribu. Agar tidak bercampur dengan dana lainnya, kamu bisa menggunakan rekening khusus untuk berkurban.

Ikut program tabungan berkurban

Bila kamu khawatir tidak dapat membagi tabungan untuk berkurban secara rutin tersebut, sebaiknya ikuti tabungan kurban. Biasanya baik lembaga keuangan maupun perbankan memiliki tabungan ini. Di antaranya adalah bank syariah. Besaran tabungannya ada yang ditentukan oleh pihak bank maupun kamu bisa menentukan sendiri sesuai kemampuan. Dengan memiliki tabungan berkurban ini kamu tidak perlu khawatir lagi sebab dapat membuat kamu lebih disiplin dengan menyetor sejumlah uang untuk rekening tersebut.

Ajak patungan

Cara patungan mungkin sebagai cara efektif untuk kurban iduladha 2019 ini. Khususnya bila kamu ingin berkurban satu ekor sapi. Di dalam hukum Islam, diperbolehkan berkurban satu ekor sapi dengan cara patungan sebanyak tujuh orang. Harga satu ekor sapi kurban sehat rata-rata adalah Rp 12 juta. Jika dibagi dengan tujuh orang, maka per orangnya memiliki kewajiban membayar uang kurban tersebut sejumlah Rp 1,7 juta saja.

Tentu untuk mengumpulkan sejumlah uang tersebut, kamu bisa menggunakan metode pertama yakni menyisihkan pendapatan bulanan sebesar 5% per bulannya. Atau jika hal ini dirasa cukup memberatkan dapat dengan cara menyisihkan Rp 5 ribu per hari.

 

Manfaatkan uang bonus

Terkadang uang bonus baik itu bonus karena mencapai target yang sudah dibuat atau bonus berupa uang THR habis tanpa kita sadari. Agar uang bonus maupun THR dapat digunakan dengan baik dan bermanfaat bagi sesama, kamu bisa menganggarknnya untuk berkurban pada iduladha 2019. Kita ambil saja contohnya untuk gaji UMR adalah Rp 3 juta. Maka, bonus dari THR adalah satu kali gaji penuh dalam jumlah Rp 3 juta. Nah, jumlah bonus tersebut sudah cukup untuk membeli satu ekor kambing sehat untuk kurban.

Bagaimana, cara tersebut cukup mudah bukan untuk mempersiapkan dana kurban iduladha 2019 ini? Semoga bermanfaat.