Article posted at:
September 17, 2019

Sebelum Mengikuti Tes CPNS 2019, Lakukan 5 Hal Ini!


Pegawai Negeri Sipil (PNS) hingga saat ini masih menjadi pekerjaan idaman bagi banyak orang. Termasuk generasi milenial, mengingat menjadi seorang PNS memiliki banyak keuntungan. Akan tetapi, kamu harus melalui tes dan tahapan pentingnya terlebih dahulu dalam CPNS 2019. Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan agar ketika mengikuti tes CPNS...

Pegawai Negeri Sipil (PNS) hingga saat ini masih menjadi pekerjaan idaman bagi banyak orang. Termasuk generasi milenial, mengingat menjadi seorang PNS memiliki banyak keuntungan. Akan tetapi, kamu harus melalui tes dan tahapan pentingnya terlebih dahulu dalam CPNS 2019. Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan agar ketika mengikuti tes CPNS 2019 ini berjalan dengan baik? Simak ulasan singkatnya berikut.

 

Gali informasinya sebanyak mungkin

Pertama, hal yang perlu kamu siapkan dalam mengikuti CPNS 2019 yakni dengan mencari informasinya sebanyak mungkin. Ingat, saat ini mencari informasi di internet memang sangat mudah. Akan tetapi kamu juga harus memastikan bahwa sumber yang didapatkan berasal dari lembaga dan instansi terpercaya. Misalnya saja dari website resmi kementerian terkait atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku penyelenggara CPNS 2019.

Lalu, setelah sumber dirasa terpercaya catatlah dengan baik mengenai jadwal pendaftaran maupun jadwal tes CPNS tersebut. Tujuannya agar kamu tidak terlewat dan selalu mengingatnya. Kemudian, pastikan pula berapa jumlah formasi yang dibutuhkan oleh tiap instansi maupun kementerian.

Apakah jurusanmu sesuai dengan instansi lowongan yang dituju

Poin kedua, pastikanlah jurusanmu sudah sesuai dengan lowongan yang dibuka oleh instansi maupun kementerian. Meski terlihat sepele, hal ini sangatlah penting. Mengingat hampir setiap tahunnya selalu saja ada kejadian para peserta yang mendaftar tidak sesuai dengan jurusan pendidikan terakhir yang ditempuh untuk posisi yang diinginkan.

Apabila tidak sesuai dengan jurusan pendidikan, maka peluangmu sangat kecil. Bahkan jika tidak sesuai dengan pendidikan peluangmu bisa hilang karena tidak sesuai dengan keinginan dan kualifikasi. Maka sebaiknya, sebelum melakukan pendaftaran CPNS 2019, perhatikan jurusan pendidikanmu tersebut.

Persiapkan segala berkas jauh-jauh hari

Hal lainnya dan menjadi poin penting ketiga dalam mengikuti tes CPNS 2019 yakni mempersiapkan segala berkas yang dibutuhkan. Berkas-berkas tersebut bermacam-macam, tergantung dari kebutuhan tiap instansi maupun kementerian. Pada umumnya, yang dibutuhkan di antaranya adalah identitas diri seperti scan e-KTP, akte kelahiran dan kartu keluarga. Kemudian berkas pendidikan terakhir di antaranya scan ijazah dan transkrip nilai. Siapkan pula berkas lain seperti SKCK dan Surat Keterangan Sehat maupun Surat Bebas Narkoba dari institusi kesehatan.

Sebaiknya, kamu siapkan berkas tersebut jauh-jauh hari sebelum ujian dilaksanakan. Hal ini karena tidak sedikit pendaftar yang tidak lolos seleksi pada tahap awal atau tahap seleksi administrasi. Bila satu berkas saja tidak lengkap atau tidak sesuai, kamu pun otomatis dinyatakan gugur.

Pahami semua alur tesnya

Setelah kamu mempersiapkan segala berkasnya, di poin keempat kamu harus mempelajari segala alur tesnya. Tahapan tes CPNS 2019 ada beragam jenis soal yang harus kamu kerjakan. Pertama adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan yang kedua adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Untuk SKD, ada tiga tes yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tes SKD ini menggunakan sistem Computer Assited Test (CAT).

Bila kamu telah lolos SKD, maka kamu harus mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Pada tes SKB ini, kamu akan menjalani tes yang sesuai dengan materi instansi atau kementerian yang kamu daftarkan. Jadi, sebelum melakukan tes sebenarnya, pastikan kamu paham tahapan dan jenis tesnya.

Pelajari dengan seksama dan siapkan fisik serta mentalmu

Terakhir, persiapan yang tak kalah pentingnya untuk kamu lakukan jika ingin mengikuti tes CPNS 2019 adalah mempelajari semua materinya dengan baik. Untuk mempelajari materinya, kamu bisa mendapatkan contoh soal-soalnya pada buku yang khusus membahas tes CPNS dan lengkap dengan kunci jawabannya. Atau kini kamu bisa mencobanya melalui website tertentu secara gratis dan aplikasi tes CPNS.

Di samping itu, kamu pun perlu mempersiapkan fisik dan mental sebaik mungkin. Tentu kamu tidak ingin bukan melakukan tes dengan kondisi fisik dan mental yang tidak baik? Hal ini akan memengaruhi hasil tesmu nantinya. Oleh karena itulah perbanyak olahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Berpikir positif juga penting untuk menjaga kesehatan mental tetap stabil.

Selain hal-hal di atas, persiapan lainnya adalah jangan lupa untuk selalu berdoa dan berserah diri kepada Tuhan. Berserah diri sangat penting setelah semua usaha kamu lakukan dan berdoa dalam meraih hasil apapun pada tes CPNS 2019 kali ini. Semoga berhasil!