Article posted at:
September 13, 2019

Seleksi CPNS 2019: Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu


Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 akhirnya kembali dibuka. CPNS 2019 ini direncanakan akan diselenggarakan pada bulan Oktober. Badan Kepegawaian Negara (BKN) melansir jumlah formasi yang dibutuhkan untuk tahun 2019 ini adalah 254.173. Bagi kamu yang ingin mengikuti seleksi CPNS 2019 ini, berikut segala hal yang perlu...

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 akhirnya kembali dibuka. CPNS 2019 ini direncanakan akan diselenggarakan pada bulan Oktober. Badan Kepegawaian Negara (BKN) melansir jumlah formasi yang dibutuhkan untuk tahun 2019 ini adalah 254.173. Bagi kamu yang ingin mengikuti seleksi CPNS 2019 ini, berikut segala hal yang perlu kamu ketahui.

 

Persyaratan yang dibutuhkan

Sebelum mengikuti seleksi CPNS 2019 yang diselenggarakan oleh BKN dan beberapa kementerian dan instansi pemerintahan, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu perhatikan. Persyaratan ini meliputi kelengkapan dokumen serta persyaratan-persyaratan penting lainnya. Berikut ulasannya yang penting untuk kamu simak.

  • Dokumen

Dalam pengumuman resminya, pihak BKN mengeluarkan persyaratan berupa kelengkapan dokumen yang harus dipersiapkan oleh para peserta CPNS 2019. Persyaratan dokumen yang pertama adalah scan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP), kemudian kamu juga diharuskan mempersiapkan scan Kartu Keluarga (KK). Lalu, persiapkan pula pas foto dengan ukuran resolusi tertentu dan scan Ijazah terakhir beserta scan Transkrip Nilai. Jangan pula untuk mempersiapkan dokumen lain sesuai dengan instansi yang dilamar termasuk pula SKCK.

  • Syarat-syarat lainnya

Setelah kamu melengkapi persyaratan dokumen di atas, penting pula untuk memerhatikan persyaratan lainnya. Adapun beberapa persyaratan lain dalam CPNS 2019 ini di antaranya adalah:

  1. Usia pendaftar paling rendah 18 tahun dan paling tinggi adalah 35 tahun
  2. Pendaftar tidak pernah terlibat kasus hukum dan dipidana berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap dan penjara dua tahun atau lebih.
  3. Calon pendaftar CPNS 2019 tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat. Baik atas permintaan sendiri ataupun tidak hormat sebagai PNS, TNI/POLRI atau tidak hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, anggota TNI/POLRI.
  5. Bukan sebagai pengurus partai maupun terlibat dalam tindakan politik praktis.
  6. Memiliki kualifikasi yang sesuai dengan instansi yang dilamar.
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan.
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan negara lain oleh instansi pemerintah.
  9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Perhatikan alur pendaftarannya

Ada beberapa prosedur penting yang harus diperhatikan pendaftar CPNS 2019. Alur dan prosedur pendaftaran ini adalah sebagai berikut.

  1. Kamu harus mengunjungi laman BKN di https://bkn.go.id/
  2. Kemudian lanjutkan dengan membuat akun pendaftaran dengan cara:
  • Pilih menu SSCN lalu klik Registrasi.
  • Isi NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga.
  • Isi alamat email yang aktif, password dan pertanyaan untuk keamanan akun.
    • Unggah pas foto dengan ukuran gambar minimal 120kb dan maksimal 200kb. Pastikan foto tersebut dalam format JPG atau JPEG
  • Cetak kartu informasi akun tersebut.
  1. Lakukan login di portal SSCN dengan memasukkan NIK dan password yang sudah kamu buat sebelmunya
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan melengkapi data peserta CPNS 2019
  • Unggah foto diri dengan pegang KTP dan Kartu Informasi Akun. Ini dijadikan sebagai bukti bahwa peserta sudah membuat akun
  • Wajib lengkapi biodata
  • Pilih instansi, formasi dan jabatan sesuai pendidikan
  • Unggah dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan instansi yang dipilih
  • Cek kembali semua kelengkapannya diĀ formresume
  • Cetak Kartu Pendaftaran

 

  1. Setelah kamu melakukan pendaftaran tersebut, pihak verifikator nantinya akan mengecek semua kelengkapan berkas yang ada dan dokumen yang diunggah ke instansi tertentu.
  2. Ketika lulus seleksi administrasi, pelamar nantinya mendapat Kartu Ujian yang digunakan untuk mengikuti prosesi selanjutnya.
  3. Peserta CPNS 2019 tinggal menunggu informasi yang diumumkan oleh BKN di laman resminya.

Itulah segala hal yang perlu kamu tahu tentang CPNS 2019, semoga bermanfaat dan mulailah persiapan dari sekarang.