Article posted at:
September 17, 2019

Tanggal Pelaksanaan Simulasi CAT CPNS 2019, Jangan Kelewatan!


Apa itu Simulasi CAT CPNS 2019? Sistem tes dalam seleksi CPNS 2019 saat ini menggunakan Computer Assisted Tes (CAT). Pada dasarnya, sistem ini merupakan metode seleksi dengan menggunakan alat bantu berupa komputer dalam mendapatkan standar kompetensi bagi para pelamar atau pendaftar. Untuk membantu calon peserta dalam menghadapi CAT, maka...

Apa itu Simulasi CAT CPNS 2019? Sistem tes dalam seleksi CPNS 2019 saat ini menggunakan Computer Assisted Tes (CAT). Pada dasarnya, sistem ini merupakan metode seleksi dengan menggunakan alat bantu berupa komputer dalam mendapatkan standar kompetensi bagi para pelamar atau pendaftar. Untuk membantu calon peserta dalam menghadapi CAT, maka diadakanlah simulasi CAT CPNS 2019.

Bentuk soal simulasi CAT ini merupakan pilihan ganda dan para peserta hanya cukup melakukan klik pada pilihan yang dianggap benar. Sementara, dari segi pengoperasiannya sangat mudah dan terdapat waktu yang tersisa sudah ada di monitor. Sehingga, dalam CPNS 2019 benar-benar dilakukan dengan profesional dengan standar yang tinggi.

Tujuan simulasi CAT CPNS

Tujuan diadakannya simulasi tes CAT CPNS 2019 ini tidak lain adalah untuk mengukur kemampuan diri sebelum mengikuti ujian CPNS 2019 yang sebenarnya. Di sini kamu bisa mengetahui di mana titik kelemahan kita dalam menghadapi soal tertentu. Apabila terdapat kekurangan, kamu pun dapat melakukan evaluasi dan memperdalaminya kembali. Namun, apabila hasilnya dirasa memuaskan maka kamu pun patut untuk mempertahankannya. Di sisi lain, dengan mengikuti simulasi juga sebagai sarana mempersiapkan mental untuk lebih tangguh.

Jadwal simulasi CAT CPNS

Simulasi CAT CPNS 2019 digelar di beberapa kota di Indonesia. Untuk tanggalnya sendiri, Badan Kepegawaian Negara (BKN) merilis bahwa tes simulasi tersebut akan dilakukan di seluruh Indonesia pada 19-31 Agustus 2019. Untuk tempat simulasi CAT CPNS 2019 sendiri biasanya digelar di Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN di tiap kota yang menyelenggarakan simulasi tersebut. Bagi para peserta diharapkan untuk melakukan pendaftaran secara online berdasarkan link yang sudah diberikan oleh pihak BKN. Selain itu, kamu harus rajin mencari informasinya di laman resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) agar tidak ketinggalan hal penting lainnya dalam seleksi CPNS 2019.

Tips sebelum mengikuti simulasi CAT CPNS

Dalam mengikuti simulasi CAT CPNS 2019 sebaiknya kamu harus bersungguh-sungguh mengerjakan setiap soal yang ada. Meski hanya simulasi, tes ini merupakan gambaran tes yang sebenarnya. Agar dapat mengerjakan dengan baik, beberapa tips yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut.

  • Persiapkan segala sesuatunya dengan matang

Pertama, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Pastikan kamu sudah menguasai materi-materi yang telah dipelajari. Selain itu, persiapkan kondisi fisik dan mental dalam keadaan prima. Untuk berkas-berkas yang perlu dipersiapkan pun perlu kamu perhatikan jangan sampai ada yang tertinggal saat ujian dimulai. Kemudian, ikutilah petunjuk-petunjuk yang sudah disampaikan sebelumnya.

  • Usahakan datang tepat waktu

Kedua yakni berkaitan dengan waktu pelaksanaan, kamu hendaknya datang tepat waktu. Sebab jika datang terlalu mendekati waktu pelaksanaan tentu ini akan sangat mengganggu dan membuatmu semakin tergesa-gesa. Bila lokasi tes terlalu jauh atau kamu belum mengetahuinya, cobalah untuk melakukan survei sehari sebelumnya agar keesokan harinya dapat tiba dengan mudah dan tidak terburu-buru dan konsentrasimu akan terganggu.

  • Fokus

Hal ketiga yang penting kamu usahakan untuk selalu fokus ketika mengerjakan simulasi tersebut. Terlebih lagi saat kamu mengerjakan soal-soal dalam bentuk angka, gambar dan simbol. Perhatikan dengan baik perihal kalimat dan harus benar-benar cermat. Kerjakanlah dari soal yang lebih mudah terlebih dahulu.

Nah, itulah tanggal pelaksanaan simulasi CAT CPNS 2019 beserta tips-tips penting dalam menjalani simulasi tersebut. Jadi, persiapkanlah dirimu sebaik mungkin.