Article posted at:
Mei 29, 2019

Usaha Franchise, Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangannya!


Walaupun terlihat menggiurkan, usaha franchise memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang wajib dipertimbangkan.

Salah satu tantangan terbesar dalam memulai usaha adalah menyusun rencana bisnis atau business plan. Banyak detail yang harus diperhatikan sehingga penyusunannya membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Namun, kalau kamu tidak ingin direpotkan dengan proses tersebut, usaha franchise bisa menjadi alternatif bisnis yang oke untuk dicoba. Namun, sebelum terjun untuk menekuninya, penting bagi kamu untuk mengetahui berbagai sisi plus dan minus dari usaha franchise. Ini dia penjelasannya!

 

KELEBIHAN

 

Brand awareness cukup tinggi

Sebagus apa pun produk bisnis kamu, hal tersebut akan percuma jika tidak ada orang yang mengetahuinya. Namun, untuk hal satu ini, bisa dibilang usaha franchise cenderung unggul. Kalau dibandingkan dengan bisnis yang baru berdiri, usaha franchise relatif lebih stabil karena sudah ada banyak orang yang mengetahuinya. Artinya, brand awareness-nya pun tinggi sehingga kamu tidak perlu lagi terlalu bingung memikirkan strategi pemasaran atau marketing-nya.

Karena sudah dikenal duluan, kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan pun jadi lebih tinggi. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan kamu. Di sisi lain, kamu juga bisa menghemat biaya pengeluaran karena tidak perlu melakukan strategi pemasaran dan branding dari nol.

 

Manajemen bisnis telah terbentuk

Agar sebuah bisnis bisa berjalan dengan baik, kamu membutuhkan sistem yang tepat. Biasanya kamu harus melalui fase trial dan error, yang sangat wajar terjadi pada bisnis baru. Namun, dengan usaha franchise, kamu bisa menghemat banyak waktu karena sejak awal sudah ada sistem dan manajemen bisnis yang telah terbentuk.

Kamu hanya perlu mengikuti sistem dan manajemen tersebut dari pemilik franchise. Jadi, begitu kamu memiliki izin untuk menjalankan usaha franchise, kamu bisa langsung menjalankan sistem dan manajemen bisnis yang telah terbentuk tersebut. Sangat praktis, bukan?

 

KEKURANGAN

 

Dikendalikan penuh oleh pemilik franchise

Sebelum membeli lisensi usaha franchise, perlu kamu ketahui kalau kendali penuh bisnis tersebut masih dipegang oleh pemilik franchise. Jadi, kalau misalnya di tengah jalan kamu ingin melakukan perubahan atau inovasi, kecil kemungkinannya untuk terjadi. Kalau pun bisa, mungkin kamu harus melalui sejumlah prosedur yang telah ditetapkan oleh pemilik franchise.

Dengan kata lain, di usaha franchise kamu memang agak susah untuk mengekspresikan kreativitasmu. Saat melakukan perjanjian bisnis pada tahap awal, pastikan kamu membaca setiap poin kontrak atau perjanjian secara teliti. Coba cari tahu apakah pemilik franchise memberikan izin kepada mitranya untuk memberikan inovasi atau perubahan pada produk mereka.

 

Reputasi bisnis mudah terpengaruh

Dalam satu usaha franchise, biasanya ada banyak mitra yang sudah tergabung, apalagi jika franchise tersebut sudah memiliki nama yang cukup terkenal. Cabang mitranya pasti sudah tersebar di mana-mana. Di satu sisi, hal ini cukup menguntungkan karena seperti yang dibilangs sebelumnya, brand awareness usaha franchise jadi meningkat pesat.

Namun, di sisi lain, apabila terjadi suatu hal yang merusak reputasi mitra franchise di tempat lain, bukan tidak mungkin kamu juga akan ikut terkena getahnya. Pasalnya, kamu dan mitra lain tersebut masih berada di bawah naungan brand yang sama. Tidak hanya reputasi usaha franchise kamu yang tercoreng, tapi hal ini juga bisa-bisa ikut menurunkan omzet.

 

Mengingat kamu tidak perlu membangun bisnis dari nol, usaha franchise memang terlihat menggiurkan untuk dicoba. Namun, sebelum mengambil keputusan, pastikan kamu sudah menimbang berbagai kelebihan dan kekurangannya, ya.