Tata cara menggunakan Catchadeal.id

Check . Ajukan . Deal!

caca_spotlight

1 Check


Pada halaman muka catchadeal.id terdapat tabel berisi informasi yang harus diisi oleh untuk mendapatkan penawaran secara instant.

Kredit Multiguna Mobil (Gadai BPKB Mobil, Gadai Mobil) dan Kredit Multiguna Motor (Gadai BPKB Motor, Gadai Motor) memiliki format tabel yang sama, tetapi pengisian, Merek, Tipe, dan SubTipe yang berbeda sesuai jenis Motor dan Mobil.

Kredit Mobil dan Kredit Motor juga memiliki format tabel sama dengan Kredit Multiguna, dan pengisian sesuai jenis seperti pada Kredit Multiguna; dengan tambahan isian jumlah OTR, yaitu harga mobil atau motor yang diminta oleh Dealer/Showroom/Penjual Mobil.

Kredit Mobil dan Kredit Motor juga memiliki format tabel sama dengan Dana Tunai, dan pengisian sesuai jenis seperti pada Kredit Multiguna; dengan tambahan isian jumlah OTR, yaitu harga mobil atau motor yang diminta oleh Dealer/Showroom/Penjual Mobil.

Setiap jenis Asuransi memiliki tabel sesuai faktor yang mempengaruhi besaran premi, yang harus diisi sebelum Catchadeal bisa mengeluarkan angka penawaran Premi. Mengenai Asuransi akan dijelaskan dalam halaman terpisah.

Contoh pengisian pilihan untuk Kredit Multiguna Motor
Merek, pilih merek Motor yang, contoh : Honda
Tahun, Pilih: Tahun yang tersedia sesuai pilihan Merek, contoh: 2016
Tipe, pilih Tipe Motor yang tersedia sesuai pilihan Merek dan Tahun, contoh : Beat
Subtipe, pilih SubTipe Motor yang tersedia sesuai pilihan Tahun, Merek dan Tipe, contoh : Beat Pop CBS
Tahun, pilih Tahun yang tersedia sesuai pilihan Tahun, Merek, Tipe dan SubTipe, contoh : 2016
Kode Plat, pilih atau ketikkan Kode Plat motor, contoh : B
Domisili – Provinsi, pilih sesuai Provinsi dimana domisili terakhir, contoh : DKI Jakarta
Domisili – Kota, pilih sesuai Kota dimana domisili terakhir, contoh : Jakarta Pusat

Catatan : Merek, Tipe, Subtipe, Tahun, Kode Plat dan Domisili yang tersedia adalah sesuai kriteria dari Perusahaan Pembiayaan (Multifinance, Leasing) peserta platform. Apabila pilihan yang diinginkan tidak ada, maka penawaran tidak tersedia untuk kriteria tersebut.

Angka Penawaran yang Tampil
Untuk Kredit Multiguna Mobil dan Kredit Multiguna Motor, penawaran akan menampilkan 2 angka :

  • Nilai Pencairan, yaitu dana yang diperoleh Debitur dari Perusahaan Pembiayaan dan dicairkan langsung ke Rekening
  • Angsuran, yaitu jumlah Angsuran yang harus dibayar Debitur setiap bulannya selama Jangka Waktu kredit sampai lunas.

Untuk Kredit Mobil dan Kredit Motor, penawaran akan menampilan 2 angka :

  • Nilai Pembiayaan, yaitu jumlah Pembiayaan yang diperoleh Debitur dan ditransfer langsung oleh Perusahaan Pembiayaan ke Dealer/Showroom/Penjual Mobil.
  • Pembayaran Pertama yaitu jumlah yang harus disiapkan oleh Debitur merupakan selisih antara Harga yang diberikan Dealer/Showroom/Penjual Mobil dengan Nilai Pembiayaan.
  • Angsuran, yaitu jumlah Angsuran yang harus dibayar Debitur setiap bulannya selama Jangka Waktu kredit sampai lunas.

Mengenal Istilah-istilah di dalam Halaman Penawaran Kredit Multiguna Mobil (Gadai BPKB Mobil, Gadai Mobil), Kredit Multiguna Motor (Gadai BPKB Motor, Gadai Motor), Kredit Mobil dan Kredit Motor

Penawaran bisa difilter untuk mendapatkan opsi Angsuran, Pokok Hutang, Asuransi dan lain-lain. Apabila setelah diubah, tidak tersedia penawaran, maka berarti Perusahaan Pembiayaan peserta catchadeal.id tidak menawarkan opsi tersebut.

Angsuran ADDM (Angsuran Dibayar Di Muka) dan ADDB (Angsuran Dibayar Di Belakang)
Dalam jenis Angsuran ADDM (Angsuran Dibayar Di Muka), Pencairan sudah dikurangi Angsuran pertama, sementara sisa Jangka Waktu Angsuran sudah tidak termasuk Angsuran pertama. Contoh, jika Jangka Waktu adalah 12 bulan, di bawah angka Angsuran, anda akan melihat jumlah Angsuran sebesar 11x Angsuran saja.
Tips : Pencairan lebih kecil dengan metode ADDM, jadi jika ingin pencairan lebih besar, maka pilih metode ADDB.

Dalam jenis Angsuran ADDB (Angsuran Dibayar Di Belakang), Pencairan belum termasuk Angsuran pertama. Contoh, jika Jangka Waktu adalah 12 bulan, di bawah angka Angsuran, anda akan melihat jumlah Angsuran sebesar 12x Angsuran sesuai Jangka Waktu.
Tips : Pencairan lebih besar dengan metode angsuran di belakang, tapi jika Pencairan tidak jadi masalah dan ingin Angsuran selesai lebih cepat, maka pilih metode angsuran di depan.

Jangka Waktu (bulan)
Apabila ingin jumlah Angsuran bulanan lebih kecil, maka pilih Jangka Waktu lebih besar. Sebaliknya apabila ingin jumlah Angsuran bulanan lebih kecil, maka pilih Jangka Waktu lebih besar.

Pokok Hutang
Apabila menginginkan Pencairan lebih kecil karena tidak ingin memiliki Hutang yang besar, maka jumlah Pencairan bisa distel dengan menurunkan/mengetikkan % Pokok Hutang sampai ketemu jumlah yang diinginkan.

Asuransi TLO dan Comprehensive
Dapat mengubah jenis Asuransi antara TLO (Total Loss Only) dan Komprehensif dan Kombinasi. Tapi lazimnya dalam Motor, yang tersedia hanya Asuransi TLO. Mengganti filter TLO ke Komprehensif atau Kombinasi akan menaikkan jumlah Angsuran dan atau mengurangi Pencairan.

Asuransi Kombinasi
Apabila Perusahaan Pembiayaan menggunakan pertanggungan Asuransi berbeda pada tenor berbeda, contoh Komprehensif pada tahun pertama dan TLO pada tahun-tahun berikutnya . Mengganti filter Asuransi dari TLO ke Kombinasi akan menaikkan jumlah Angsuran dan atau mengurangi Pencairan.

Asuransi All Risk
Hanya tersedia untuk Kredit Multiguna Mobil dan Kredit Mobil. Mengganti Asuransi TLO atau Komprehensif ke All Risk akan menaikkan jumlah Angsuran dan atau mengurangi Pencairan.

BPKB Atas Nama Anda?
Kualifikasi akan lebih baik di mata Perusahaan Pembiayaan apabila BPKB adalah atas nama User atau Istri yang mengajukan. Apabila nama di BPKB berbeda dengan User atau Pasangan, beberapa Perusahaan Pembiayaan biasanya akan mengurangi Pokok Hutang dan jumlah Pencairan.

Faktor BPKB atas nama ini hanya ditanyakan untuk Kredit Multiguna Mobil (Gadai BPKB Mobil, Gadai Mobil) dan Kredit Multiguna Motor (Gadai BPKB Motor, Gadai Motor). Untuk Kredit tidak masalah karena BPKB sudah pasti bukan atas nama yang melakukan Pengajuan Kredit.

Setelah selesai memilih Filter atas satu atau lebih kriteria, klik Filtering dan tampilan Penawaran baru akan tampil sesuai perubahan.

caca_spotlight

2 Ajukan


Apabila berminat terhadap Penawaran yang tersedia, maka selanjutnya adalah User atau selanjutnya disebut Aplikan melakukan Pengisian Data untuk diajukan secara Online.

Langkah Pertama adalah melakukan Pendaftaran dengan tujuan nantinya Aplikan bisa memiliki Akun dan Melacak status Pengajuannya di catchadeal.id.

Nama Lengkap : sesuai KTP
No Handphone : pastikan ini merupakan Handphone aktif yang dipergunakan oleh User karena selanjutnya akan dihubungi melalui no. tersebut.

Langkah Kedua adalah pengisian Data Aplikasi
Sebelum tahap ini, Aplikan akan ditanya preferensinya apakah dihubungi langsung oleh Catchadeal.id untuk dibantu atau mengisi sendiri secara mandiri.
Apabila Aplikan memilih untuk mengisi secara mandiri maka tahapannya adalah sebagai berikut :
Alamat KTP : sesuai KTP
Alamat Domisili : sesuai Domisili User saat ini apabila berbeda dengan KTP. Apabila sama dengan KTP maka check box sama dengan KTP maka alamat akan otomatis terisi lengkap sesuai Alamat KTP
Tempat dan Tanggal Lahir : sesuai KTP
Pekerjaan : pilih sesuai pekerjaan Aplikan saat ini, dan masukkan informasi durasi pekerjaan terakhir
Penghasilan : pilih rentang penghasilan. Status Rumah Tinggal : pilih sesuai status rumah tinggal Aplikan saat ini

Langkah Ketiga adalah Unggah Foto
Gunakan kamera Ponsel untuk mengambil foto
Unggah KTP : foto dan unggah KTP secara close-up dimana NIK dan foto harus terbaca jelas.
Unggah STNK : foto dan unggah STNK sesuai contoh gambar dimana No. Plat Kendaraan dan Tanggal STNK harus terbaca jelas (wajib hanya untuk Kredit Multiguna).

Setelah itu periksa kembali data yang telah diisi dalam Lembar Ringkasan Pengajuan dan apabila sudah benar, klik Ya, dan Pengajuan Kredit akan diteruskan ke sistem catchadeal.id

caca_spotlight

3 Deal!


Setelah pengajuan, proses apa yang harus Aplikan lakukan?
Apabila anda yakin telah menjalankan proses dengan baik, dan data yang diisikan adalah benar dan kendaraan dalam kondisi bagus; maka proses pencairan/pembiayaan tidak akan mengalami kendala. Catchadeal akan langsung meneruskan Data Aplikan ke Perusahaan Pembiayaan, dimana akan segera diproses – Aplikan akan dihubungi oleh Staf Perusahaan Pembiayaan secara langsung.

Khusus untuk Kredit Multiguna (Gadai, Gadai BPKB), apabila Aplikan langsung merespon dengan cepat dan bersedia datang langsung membawa Kendaraan berikut BPKB ke Perusahaan Pembiayaan, Persetujuan dan Pencairan dapat terjadi dalam hitungan jam.

Status dari setiap tahapan proses bisa dilacak oleh Aplikan dengan cara Masuk (login) ke Catchadeal.id dengan menggunakan Email dan Password yang dipergunakan saat Pendaftaran.

Selamat Mencoba!

facebook